Archive for the 'Tanya Jawab' Category

Ganti busi racing bagus nggak?

busiracingmotor-wTanya :
Mesin sudah dikorter tapi pakai busi standar. Kalau ganti busi racing bagus nggak? Katanya kalau busi racing cuma tahan 6 bulan?

Jawab :
Sepertinya nggak masalah pakai busi standar kalau cuma habis korter silinder Selama motor yang sobat pakai tidak lebih banyak atau sering dipakai ngebut. Sebab karakter busi racing cenderung dingin. Ini untuk mengantisipasi suhu panas mesin tinggi akibat sering digeber. Makanya di motor balap yang mesinnya bergasing tinggi dan lebih panas cocok adopsi busi racing.
Nah, kalau motor standar pakai busi racing bukannya nggak bisa. Kalau pun bisa paling mesin sudah hidup dan menyebabkan banjir Kalau keseringan busi deh cepat mati.

KARISMA BUNYI KER…KER

karisma-wTanya :
Assalamu’alaikum Wr Wb.. Ada beberapa hal yang ingin ditanyakan seputar Honda Karisma 2003.
Motor digeber di atas 70 km/jam, kenapa mesin ada suara ker.ker.. Apa setiap Karisma seperti itu atau memang setingan pabrik?

Jawab :
Semua motor baru yang dirancang pabrik, mestinya nggak boleh menimbulkan suara kasar kecuali dari knalpot. Cuma masalahnya, suara di mesin Karisma milik anda tepatnya ada di bagian mana. Apa di kepala silinder, silinder, rantai keteng atau bagian kruk-as. Daripada menerka nggak keruan dan malah salah, mending bawa aja ke bengkel resmi terdekat. Apalagi motor ini masih garansi. Eh jangan salah, CDI Honda Karisma ada limiternya. Kalau putaran mesin mencapai 8000 rpm, mesin mbrebet dan ada suara mirip kerrrr… Memastikannya coba tes Karisma teman lainnya. Kalau sama berarti normal.

UKUR PELAMPUNG HONDA WIN

Hal28_pelampung02Tanya :
Assalamualaikum Wr Wb Tunggangan saya Honda Win, mau tanya nih.
1. Gimanacara mengukur tinggi-rendah pelampung pada karburator?
2. Berapa ukuran pilotdan main-jet jika tak melakukan perubahan pada mesin?

Jawab :
1. Sori nih, untuk karbu Honda Win kayaknya nggak bisa disetel. Maklum, udah patent dan sudah dipatok tingginya 10,7 mm. Tapi kalau ingin bikin irit atau boros, sobat bisa atur atau ganjal di celah pelampung. Bisa dengan cara dipanaskan pakai solder atau pemanas lain.Tinggal ditekuk, mau naik atau turun.
2. Ya pakai spuyer aslinya aja. Ukuran pilot 40 dan main-jet 75. Tapi kalau sudah ganti knalpot bobokan atau racing, tinggal sesuaikan ukuran pilot-jet dan sekrup udaranya.

GIGI SATU WIN PENDEK

Motorku Honda Win 1994, pertanyaanku:
1. Kenapa gigi satu tarikannya pendek banget? Kata bengkel sih tak masalah. Apa itu memang sudah kodrat Win yang kapasitasnya kecil?
2. Pernah pake karbu GL-100, tarikan memang jadi ringan dan panjang. Tapi kenapa kalo buat nanjak kok loyo? (Karbu GL-100 berikut spuyer masih orsi)
3. Aku ingin motorku sedikit lebih kencang, modif apa yang mesti aku lakukan?
ARIF HAKIM, <hambaalloh_21@yahoo.com>, MTs (Madrasah Tsanawiyah), Manaf Gerit, Gerit Cluwak, Pati, Jawa Tengah 59157.

karbu winJawab :

1. Bisa diakali, Pak. Ganti saja motornya dengan yang berkapasitas besar. Se, se, se, bercanda, kok. Paling membantu ya pilot-jet, silakan diperbesar satu step. Pilot-jet Win 40, boleh ganti 42,5 atau 45.
Silakan juga diimbangi penggantian sproket belakang. Pakai yang lebih kecil dua mata. Memang, akselerasinya lebih lambat, tapi napasnya panjang.
2. Karbu GL- 100 venturinya 22, pilot-jet serta main-jet 40/98. Sedang Win ventunnya 18 pakai pilot-jet 40 dan main-jet 98. Intinya, cuma beda ukuran venturi.
Ini kurang manjur jika masih memakai intake-manifold atau leher angsa Win. Debit bensin dan udara dari karbu tetap sama ke ruang silinder. Dia membentur leher angsa sempit. Kalau mau, leher angsanya diperbesar atau direamer. Jangan lupa ganti knalpot racing, agar pemasukan dan pengeluaran seimbang!
3. Jawaban nomor satu dan nomor dua dengan solusi yang ente tanyakan. Tapi jangan lupa, setelan angin di karbu harus presisi.

WIN BOROS SEKALI

win-c-wTanya :
Saya punya masalah dengan Honda Win 1991. Bensin 1 liter terpakai 10 km. Coba mengganti isi karburator, tenaganya drop dan cuk harus ditarik. Padahal posisi jarum skep pada klip paling bawah. Tak lama ganti karbu baru, hasilnya sama walau cuk tidak dinaikkan.
Kondisi sekarang, piston oversize 50, busi dan CDI baru serta aki bagus. Nah, gimana agar Win bisa irit lagi?

Jawab :
Mestinya motor sampeyan, meminum, 1 liter untuk menembus 50-60 km. Penyebabnya, klip jarum skep terlalu mati-matian diturunkan. Untuk apa jarum skep diangkat, jika tidak dibarengi modifikasi yang lain?Ini membuat bahan bakar kian boros. Ingat, menurunkan satu klip ulir jarum skep, sama dengan membesarkan 3 step spuyer. Karburator makin deras memompa bahan bakar. Knalpot sampeyan pasti dibarengi asap hitam. Artinya, masih ada gas bakar mentah yang tidak ikut terbakar. Itu tandanya terlalu kaya bahan bakar
Jika asap ini nihil, ada bau bensin dan perih di mata. Ini karena jarum skep tadi. Juga, karburator kotor atau spuyer terlalu besar Coba kembalikan posisi jarum skep pada standarnya.
Pemakaian piston oversize 50 dengan alasan menaikkan posisi jarum skep, tidak masuk akal. Mestinya hanya spuyer yang dibesarkan satu step. Itu pun, hanya pilot jet.
Jika tidak bertenaga dan cuk harus ditutup, berarti memang dari posisi jarum skep itu. Atau silakan dicek sambungan leher angsa dengan karburator Jangan-jangan bocor udara yang gampang nyelonong itu memaksa cuk difungsikan.
Ganti jeroan karbu jangan sembarangan. Lihat dulu ukuran spuyer yang mau dipasang dan posisi jarum skepnya. Ini berisiko tenaga ngedrop akibat pasokan bensin terlalu irit atau malah berlebihan. Apalagi jeroannya palsu, semakin kacau setelannya. Soal ini pernah ditulis di Em-Plus edisi 63.

BEDA REAMER DAN OVERSIZE

Gofak-Reamer_Octa1Tanya :
Apa beda reamer dengan oversize?

Jawab :
Sebenarnya sih prinsip kerjanya sama, yaitu memangkas alias mengurangi bidang permukaan komponen agar dimensinya jadi lebih besar. Misalkan reamer, ungkapan ini lebih dikenal untuk membesarkan lubang venturi di karbu. Caranya lewat membubut sebagian lubang dinding venturi. Beda dengan oversize, dikenal untuk membesarkan dinding liner silinder untuk menyesuaikan diameter seher baru yang lebih gede.

GAS DIGEBER MALAH MATI

Tanya :
Motor jalan lurus tembus 110 km/jam. Giliran mau belok dan gas digeber malah mati. Apa karena pengaruh rantai dipotong?

karburator-mikuni-c-wJawab :
Itu sih bukan pengaruh rantai dipotong. Tapi settingan karburator nggak benar. Kemungkinan pasangĀ  jarum skep terlalu irit. Baut setelan udara sangat kurang atau malah sebaliknya. Makanya, api busi sulit memantik uap bensin di dalam ruang bakar. Jika tunggangan memang masih standar, setelan karbu dikembalikan semula.

Pasti larinya lebih enak.


WORO – WORO !

Hampir seluruh posting bersumber dari tabloid MOTOR - PLUS. Terima Kasih untuk MOTOR - PLUS

Blog Stats

  • 57,206 hits

C O N T R E N G L A H !


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.