Posts Tagged 'pilot jet'

UKUR PELAMPUNG HONDA WIN

Hal28_pelampung02Tanya :
Assalamualaikum Wr Wb Tunggangan saya Honda Win, mau tanya nih.
1. Gimanacara mengukur tinggi-rendah pelampung pada karburator?
2. Berapa ukuran pilotdan main-jet jika tak melakukan perubahan pada mesin?

Jawab :
1. Sori nih, untuk karbu Honda Win kayaknya nggak bisa disetel. Maklum, udah patent dan sudah dipatok tingginya 10,7 mm. Tapi kalau ingin bikin irit atau boros, sobat bisa atur atau ganjal di celah pelampung. Bisa dengan cara dipanaskan pakai solder atau pemanas lain.Tinggal ditekuk, mau naik atau turun.
2. Ya pakai spuyer aslinya aja. Ukuran pilot 40 dan main-jet 75. Tapi kalau sudah ganti knalpot bobokan atau racing, tinggal sesuaikan ukuran pilot-jet dan sekrup udaranya.

GIGI SATU WIN PENDEK

Motorku Honda Win 1994, pertanyaanku:
1. Kenapa gigi satu tarikannya pendek banget? Kata bengkel sih tak masalah. Apa itu memang sudah kodrat Win yang kapasitasnya kecil?
2. Pernah pake karbu GL-100, tarikan memang jadi ringan dan panjang. Tapi kenapa kalo buat nanjak kok loyo? (Karbu GL-100 berikut spuyer masih orsi)
3. Aku ingin motorku sedikit lebih kencang, modif apa yang mesti aku lakukan?
ARIF HAKIM, <hambaalloh_21@yahoo.com>, MTs (Madrasah Tsanawiyah), Manaf Gerit, Gerit Cluwak, Pati, Jawa Tengah 59157.

karbu winJawab :

1. Bisa diakali, Pak. Ganti saja motornya dengan yang berkapasitas besar. Se, se, se, bercanda, kok. Paling membantu ya pilot-jet, silakan diperbesar satu step. Pilot-jet Win 40, boleh ganti 42,5 atau 45.
Silakan juga diimbangi penggantian sproket belakang. Pakai yang lebih kecil dua mata. Memang, akselerasinya lebih lambat, tapi napasnya panjang.
2. Karbu GL- 100 venturinya 22, pilot-jet serta main-jet 40/98. Sedang Win ventunnya 18 pakai pilot-jet 40 dan main-jet 98. Intinya, cuma beda ukuran venturi.
Ini kurang manjur jika masih memakai intake-manifold atau leher angsa Win. Debit bensin dan udara dari karbu tetap sama ke ruang silinder. Dia membentur leher angsa sempit. Kalau mau, leher angsanya diperbesar atau direamer. Jangan lupa ganti knalpot racing, agar pemasukan dan pengeluaran seimbang!
3. Jawaban nomor satu dan nomor dua dengan solusi yang ente tanyakan. Tapi jangan lupa, setelan angin di karbu harus presisi.


WORO – WORO !

Hampir seluruh posting bersumber dari tabloid MOTOR - PLUS. Terima Kasih untuk MOTOR - PLUS

Blog Stats

  • 55,880 hits

C O N T R E N G L A H !


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.